Beranda > mikrotik > Windows Share di Mikrotik

Windows Share di Mikrotik

Mikrotik versi Router OS versi 5.12 sudah mensupport Files Share Menggunakan SMB (Session Message Block ) atau dilinux disebut Samba, baiklah kita akan mensetting bagaimana menggunakan fasilitas SMB tersebut

Pastikan :

  • Mikrotik  sudah di upgrade RouterOS versi 5.12
  • Tambahkan HDD internal untuk menampung data file yang akan kita share (khusus yg menggunakan x86) klu routerboard hddnya kecil kali ya, tapi ada yg Routerboard yg bisa external HDD.

 

Lakukan konfigurasi sebagai berikut :

Menggunakan Winbox

– Set Enable Menu SMB di IP > SMB

 

– Buat User khusus untuk mengkases SMB tersebut

 

– Buat konfigurasi folder share untuk SMB tersebut*

*) Kebetulan saya menambahkan HDD internal jadi direktori folder saya pindahkan ke direktori HDD tambahan (secondary)

 

– Direktori files pada HDD tambahan (secondary)

Jika akan meletakkan files tersebut tinggal drag n drop aja file yang akan di share atau menungahnya lewat remote ssh atau telnet.

Sekarang kita bisa mengaksesnya dengan mengetik di Run Windows atau di Explorer sesuaikan dengan IP pada mikrotik hardwarenya.

Nah khan dah keliatan filenya tinggal di COPAS aja tuh file.

Mengenai security tinggal di otak-atik aja di firewallnya.

Kategori:mikrotik Tag:, ,
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: