Beranda > mikrotik > Install Ulang MikroTik RouterOS pada DOM

Install Ulang MikroTik RouterOS pada DOM

mikrotik-logo

Perkara install ulang memang gampang, tapi setting yang kita buat sebelum kita backup akan hilang, sedih banget khan, makanya sebelum diapa-apain dan masih berjalan normal sebaiknya konfigurasi yang kita buat di backup dulu baik lisensi, backup router maupun backup script yang kita buat, caranya?

– Backup Konfigurasi router.

[nama admin@nama router] /system backup save name=<buat nama file backup>

– Export  konfigurasi yang kita buat,  dapat dilihat disini.

– Backup License ID Key.

Export License ID menggunakan console winbox masuk ke menu System > License > Export Key.license-mikrotik-routeros

Lalu bagaimana jika router yg kita tiba2 hang (error) atau kita tak sengaja memasukkkan pake yang ternyata tidak sesuai dengan spesifikasi hardware yang kita miliki, banyak kasus yang terjadi, kita menambahkan atau mengupgrade router kita dengan memasukkan XEN, ini menyebabkan router kita error dan harus di install ulang.😦

Berikut cara termudah yang harus dipersiapkan.

  1. Komputer/PC + CD-ROM
  2. DOM (Disk on Module) yang akan kita install ulang dan sudah tercolok ke IDE atau SATA pada mainboard.
  3. Download ISO file disitus mikrotik.com atw mikrotik.co.id, ambil dan sesuaikan dengan komputer PC atau x86.
  4. Kemudian burning ke cd kosong dan masukkan hasil burningan ke cd-rom komputer yg akan kita install dan atur pada bios cd-rom pada boot yang pertama.
  5. Setelah masuk pada masuk instalasi pilih paket apa aja yg kita install, tekan “i” untuk proses instalasi dan DOM akan di hapus dan di install ulang. install-menu-mikrotik
  6. Setelah instalasi selesai dan tidak terjadi error masuk lagi ke menu System > License dan import file lisensi yang kita backup tadi, kemudia kita juga dapat mengembalikan konfigurasi yang telah kita backup tadi.

Kalau yang tidak di backup terpaksa di konfigurasi ulang router MikroTik anda.

Tautan situs : http://www.mikrotik.com, mikrotik.co.id

Kategori:mikrotik Tag:, , ,
  1. November 15, 2009 pukul 13:00

    hai.. Aku punya situs Kuliahku. Isinya tentang Kuliah Mikrotik. Silahkan mampir ya kalo ada waktu..🙂

  2. Februari 10, 2010 pukul 23:05

    makasih tipsnya bang.. lagi dicoba nich,. moga2 sukses

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: